Jumat, 17 Oktober 2008

Memilih Pasangan Hidup - Pria Idaman

May 17, 2008 – 10:34 am | by tintin

original post:

http://deconlabel.com/2008/05/17/memilih-pasangan-hidup-pria-idaman/

Beberapa hari ini , saya blogwalking ke beberapa temen dan menemukan postingan² seorang jombloers yang mengharapkan seorang pria idaman dengan kriteria² yang telah disebutkannya, selain itu juga ada teman yang masih menjalin hubungan, dan semoga segera secepatnya dilanjutkan ke pernikahan, dan ada seorang lagi yang lagi direcokin bossnya untuk mencari orang yang baik :D

Yang menarik, salah seorang dari mereka membuat tulisan tentang pria idaman, dan tentulah pria idaman disini adalah sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Dan setiap masing² orang mempunya harapan dan pandangan sendiri tentang seorang pria idaman.

Sebagai seorang pria, saya bukan orang yang sempurna sebagai seorang suami dan qowwam bagi keluarga saya, tetapi dari agama ISLAM, yang diturunkan oleh ALLAH melalui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah dijelaskan bagaimana pria idaman itu.

Kita pernah mendengar sebuah hadits tentang dipilihnya wanita karena 4 hal

“Perempuan itu dikawini atas empat perkara, yaitu: karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya, atau karena agamanya. Akan tetapi, pilihlah berdasarkan agamanya agar dirimu selamat.”

(H.R. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas ALLAH dan RasulNYA memberikan petunjuk dengan memilih yang baik agamanya (dalam hal ini adalahpaham agamanya dengan benar dan istiqomah dalam mengamalkannya).

Hal ini juga berlaku bagi wanita apabila memilih seorang pria, bahkan ada tambahan dengan penegasan dari sebuah hadits

”Kalau datang kepadamu seorang pria yang meminang yang kau senangi agama dan akhlaqnya, maka terimalah. Kalau tidak, bisa menjadi fitnah di atas bumi dan kerusakan yang besar.”

(HR Tirmidzi dan selainnya)

Dari hadits di atas dijelaskan bahwa apabila ada seorang laki² yang engkau senangi dan baik agama DAN akhlaknya maka diperintahkan untuk dipilih.

Kenapa kok dikatakan AGAMA & AKHLAK nya ..?? kenapa kok bukan agamanya saja atau akhlaknya saja?

Karena apabila baik agamanya tetapi akhlaknya tidak baik akan timbul kerusakan, dan begitu pula apabila akhlaknya baik tetapi agamanya tidak baik maka akan timbul kesesatan.

Sebagai contoh, apabila ada seorang laki² yang paham agama, tahu halal & haram, tetapi akhlaknya kepada orang lain terutama kepada istri dan keluarganya kasar dan kaku, maka akan timbul keruskan dalam keluarga itu, bisa jadi nasehat² laki² tersebut akan mental dan tidak bisa diterima oleh orang lain bahkan oleh keluarganya apabila keluarganya ada kesalahan.

Contoh lain lagi, apabila ada seorang laki² yang akhlaknya baik, suka bersedekah, suka menolong,mudah tersenyum (jangan terus²an entar disangka orang gila :P), tetapi pemahaman agamanya kurang, seperti dia tidak tahu bagaimana tata cara beribadah yang benar (sing penting ibadah, bener nggak bener uurusan belakangan), maka akan timbul kesesatan dan mengakibatkan kesesatan bagi keluarganya kelak. Kenapa ?

Agama ISLAM sudah ada tuntunannya yang jelas diberikan oleh ALLAH melalui RasulNYA. Dari mulai cara bermuamalah dalam kehidupan sehari-hari baik untuk ALLAH, diri sendiri dan orang lain, tatacara ibadah, hukum², bahkan hal² kecil sudah ada tuntunannya, dan kita tinggal mengikuti, tanpa mengurangi dan menambahi, karena ISLAM adalah agama yang sempurna, tidak dikurangi dan tidak ditambahi (QS.Al Maidah ayat 3).

Jadi wajib bagi seorang laki² mengetahuinya, dan hal ini sebagi bekal untuk diajarkan kepada keluarganya kelak, dan untuk menjaga keluarganya dari api neraka.

Sebagai kesimpulan, seorang pria idaman dalam pandangan ISLAM (agama yang sempurna) yang diterangkan oleh ALLAH dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ditonjolkan tidak memandang pada bentuk fisik (ganteng, atletis, cute, imut, gagah, dll), meski hal ini adalah sebagai penunjang sebagai penyejuk mata dan ketenangan hati kita. Tetapi tetap yang paling utama adalah dua hal tadi.

Dan sudah sepantasnya kita mengikuti petunjuk yang telah diberikan kepada kita dari ALLAH dan RosulNYA, bukankah sebaik² petunjuk adalah dariNYA …??

semoga bermanfa’at

Allohu’alam bishowab.

0 komentar: